I Write My All

LightBlog

"Tolong buka di... ( www.nianalok.wordpress.com )." Saya terperangah. Menatap sosok di hadapan itu dari ujung rambut sa...

Blog31Hari #4 - Semangat Menulis Saat Lanjut Usia



"Tolong buka di... (www.nianalok.wordpress.com)."

Saya terperangah. Menatap sosok di hadapan itu dari ujung rambut sampai ujung kaki. Beliau sudah tua, berambut putih, berkemeja batik coklat air. Lidahnya fasih mengucapkan WORDPRESS! Sori blogger, nggak ada maksud hehehe. Karena memang blog yang dia rujuk berinduk semang Wordpress.

Nah, saat membaca ini, apakah temans sudah mengakses alamat blog tersebut di atas? Iya, katanya itu blog yang berisi tentang Sikka, salah satu kabupaten di NTT dengan ibukota Maumere (di mana saya berdomisili sekarang). Awalnya saya nggak ngeh. Pikir saya, orang setua ini suka banget baca-baca ya... kenapa nggak langganan koran aja sih? Kan lengkap juga berita-berita di koran lokal NTT kayak Flores Pos, Pos Kupang atau yang baru ini namanya Flores Star?

Ternyata saya salah!

Dengan gagahnya, beliau membaca lembaran yang habis di-print, "seharusnya tulisan saya yang ini, sudah di-posting di blog ini!"

What!???
Orang setua beliau menulis untuk BLOG!? Yang kita nggak tau dibayar atau enggak, tapi semangatnya... naujubileh!!! Hebat!

Kamu... ya KAMU YANG LAGI BACA! TEPUK TANGAN GIH!

Jadi maksud si Bapak ke warnet adalah untuk mengechek tulisannya, sudah di-posting atau belum sama yang punya blog(?), sekaligus juga menge-print posting-an tersebut. Padahal kan beliau sudah punya versi aslinya? Tapi dengan gigih minta di-print ulang, plus foto-fotonya, plus date post-nya, plus warnanya.

Orang setua itu punya semangat menulis yang tinggi. Bagaimana dengan kita yang masih muda? Ya... saya merasa masih muda lah bila dibandingkan sama kakek-kakek usia 70-an tahun hehehehe. Masalahnya, tulisan si Bapak itu bukan tulisan ringan. Itu tulisan SYARAT SEJARAH! Saya yakin banyak anak sekolah yang tertolong dengan tulisan itu. Tugas-tugas sekolah sekarang kan banyak yang mengupas tentang daerah masing-masing. Budaya, sejarah, seni... ah pokoknya si Bapak itu KEREN lah!

Satu hal yang saya sayangkan. Saya nggak bertanya nama beliau siapa. Jadi saya nggak bisa memastikan. Tapi kalo menurut tulisannya sih, nama beliau terpampang di bagian bawah judul postingan. Silahkan lihat. Apakah ada yang mengenalnya?
Mungkin juga saya terlalu shocked bahwa di kota sekecil Maumere (sama ketika saya menyebut Ende hehehe) ada seorang Bapak usia lanjut datang ke warnet, bukan buat nyari anaknya, tapi buat ngecek tulisannya di sebuah blog.

Mungkin beliau memang gaptek dan tidak punya blog sendiri, tapi beliau punya SEMANGAT MENULIS SAAT LANJUT USIA... semangat yang tetap menyala. Kata iklan sih; nggak ade matinye!

Saya tertampar keras :)
Seharusnya anak-anak muda juga tertampar keras. Kenapa sih cuma buang waktu pasang status nggak jelas di jejaring sosial yang itu-itu juga? Kenapa nggak manfaatin waktu untuk menulis? Jangan sampe nanti kehilangan waktu seperti saya... wkwkwkwkwk ;)) *gaya e*

Mau kah Pesta Blogger mengangkat hal ini nanti?

Wassalam.
loading...

6 comments:

  1. kita ajak ke workshop blog FC nantinya...Mau??? sebagai tamu istimewa. T, usulan gmn tulisan kita selama 31 hari kedepan di posting juga di FC...rata2 belakangan kita lebih melek dengan apa yg terjadi disekitar kita. NTT lebih terekspos menurutku. Setuju???

    ReplyDelete
  2. Boleh... makanya, kapan pulang? Kita bikin workshop.. ngundang orang2 yang sering datang ke warnet juga... boleh tuh :D

    Btw postingan T yang ini, dimasukkan ke FC yah?

    ReplyDelete
  3. wah keren juga thu.kakek2....masih hobyy menulis juga..hehehehe..ajak saja ke Kopdar pesta blogger 2010...hohohooo,,,maap sebelumnya..saye minta maap..kenalkan nama saye ahmil...dari Bajo maumere..nitip link yea,,.. gO blogger Flobamora NTT
    http://ahmilanakwajo.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. semangat sharing ttg sejarah itu penting banget, salut... salam hormat saya yah teh :)

    ReplyDelete
  5. wah keren2...jadi malu ma diri sndri..bnyk yang pengen ditulis tp kadang rasa malas itu yang jadi satu tantangan besar...

    wah kapan tuh workshopnya??pengen ikutan juga kak...T.T

    ReplyDelete
  6. Hai..pakabar, mau numpang lewat aja..hahaha, mungkin yg di maksud Bpk. longginus Diogo. kalo mau di undang sy bisa bantu hubungi..
    oh iya kebetulan saya (topan) salah satu admin di http://nianalok.wordpress.com. sekalian makasih udah buat link ke blog saya.thks

    ReplyDelete

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.