Embung Boelanboong

Embung Boelanboong terletak di Dusun Resetlemen. Namanya unik! Bahkan sebelum namanya menjadi Boelanboong, nama embung ini adalah Embung Resetlemen. Om Frederikus bercerita bahwa tanah tempat embung ini terpeta merupakan milik Mosalaki (ketua adat), salah satunya Bapak Pius Ndewi. Tapi embung ini dikelola atas kerjasama antara Taman Nasional Kelimutu (TNK) dengan Sentral Penyuluhan Kehutanan Pedesaan (SPKP) yang beranggotakan masyarakat setempat.

Bukit Roe

Memasuki Kota Mbay, yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Nagekeo, ada banyak bukit-bukit keren, salah satunya Bukit Roe. Saat itu yang nampak sungguh Gold and Geautiful!

Weworowet

Weworowet atau Bukit Rowet terletak di Desa Nggolonio, Kabupaten Nagekeo. Terletak di tepi jalan trans Mbay - Riung, bentuk bukit yang uni ini sungguh memikat. Di seberang Bukit Weworowet pernah dijadikan lokasi Festival Daging Domba.

Dapur Jadul

Masih dari Barat Kota Ende, tepatnya di daerah Pantai Raba (Nangaba) Dapur Jadul menjadi pusat kuliner dan wisata masyarakat Kota Ende dan sekitarnya. Banyak wahana asyik di tempat ini. Saat ini Dapur Jadul telah pindah lebih ke Timur sekitar 50 meter.

Hutan Wisata Kebesani

Untuk mencapai hutan ini, dari Kota Ende dibutuhkan waktu sekitar 1 - 2 jam (60,7 kilometer) ke arah Timur, di Pasar Detukeli belok kiri menuju Kampung Adat Wologai, dan mengikuti satu jalur hingga tiba di Hutan Wisata Kebesani. Kondisi jalan belum mulus sempurna; masih ada lobang-lobang dan jalanan tanpa aspal. Di musim hujan, sekitar empat kubangan besar akan kalian temui di tengah jalan, menutup hingga tepi. Tapi jangan kuatir, ikuti saja jalur bekas roda yang ada.

Thursday, October 27, 2011

Hari Blogger Nasional

Gambar diambil dari sini.

27 Oktober, Hari Blogger Nasional.

Awalnya saya sendiri tidak 'ngeh' kalau hari ini adalah Hari Blogger Nasional. Wah, kaget membaca begitu banyak twit dari para twips dengan hastag #HariBlogger atau #HariBloggerNas dan juga #BerkatNgeblog :) Maklum, dari pagi sampai menjelang sore saya masih sibuk sama urusan mengantar undangan Sosialisasi Blog yang akan diselenggarakan oleh Lembaga Publikasi Universitas Flores, pada Hari Sabtu, 29 Oktober 2011. Iya, 2 hari lagi acaranya hehehe.

Saya lantas ngetwit history singkat saya ngeblog. Mulai diajarin ngeblog sama mami vi3 lantas gabung sama Blogfam dan kemudian menjadi 'besar' hingga akhirnya bersama teman-teman membentuk Flobamora Community (Komunitas Blogger NTT). Seandainya saat itu mami vi3 nggak ngajak saya ngeblog, mungkin saya masih asyik aja main mirC, YM-an atau utak-atik Geocities sampai cengo.

Saya tidak perlu mengulang lagi cerita panjang, from Zero to Hero (kata mami vi3 untuk saya) di dunia blog. Semua sudah pernah saya ceritakan pada postingan-postingan lalu *lagi malas bongkar archive* hahaha. Sekarang saya cuma mau share sedikit tentang #BerkatNgeblog yang sudah saya rasakan selama 7 tahun belakangan. Kalau dihitung-hitung dengan jaman Geocities, bisa jadi 8 tahun.

#Eh tapi postingan ini bukan untuk ikutan kuis or lomba ya. Pengen posting karena saya adalah seorang blogger yang turut bersuka-cita pada #HariBlogger ini :)

#BerkatNgeblog saya...
Bisa gabung sama komunitas-komunitas dan membentuk komunitas sendiri. Komunitas blog tentunya. Banyak teman, banyak rejeki. Hihihi. Blog mengenyampingkan kesenjangan sosial. Jadi tidak perlu ragu meski kamuh seorang pengangguran, pun, di tengah-tengah blogger bermacam profesi dan latar belakang. Justru di komunitas blog jadi banyak informasi yang bahkan bisa membantu! Ini benar lho... masa nggak percaya sih sama saya? :p

#BerkatNgeblog saya...
Akhirnya, sesuai cita-cita dan hobby, bisa mempublish tulisan-tulisan saya. Sejak kecil saya suka menulis (membaca, musik, nonton dan makan :p). Saya masih ingat pernah mengisi satu buku tulis full dengan tulisan acak kadut, mirip tulisan menulis, karena saya belum sekolah. Masih keci ana <- orang Ende bilang, haha. Yang bikin senang, tulisan-tulisan itu ditanggapi dan ikut membuat orang senang. Lha, saya aja waktu nulisnya juga kadang ketawa sendiri. Tapi mungkin karena nulisnya disertai rasa cinta yang mendalam jadinya gitu *duillleeee* ;))
Lebih indah lagi ketika akhirnya tulisan-tulisan saya bisa dibaca juga dalam model buku. Wah, tak terira deh rasa bangganya meletup-letup! Thanks Blogfam yang udah ngasih kesempatan seindah itu. Nggak bakal terlupa. Selamanya.

#BerkatNgeblog saya...
Mewujudkan cita-cita, bersama teman-teman lain, membentuk Komunitas Blogger NTT yaitu Flobamora Community tercinta. Saya ingin memasyarakatkan blog di kota Ende. Perlahan memang jalannya. Tapi saya yakin bisa kok. Pekerjaan saya sekarang di Divisi Informasi dan Pengembangn di Lembaga Publikasi Universitas Floress turut mendukung semangat ngeblog saya. Tidak pernah mati dan selalu menyala.

#BerkatNgeblog saya...
Diberi kesempatan yang mungkin juga diinginkan oleh banyak orang. Salah satunya menghadiri kegiatan FGD (Focuss Group Discussion) oleh Internetsehat. Dari situ, peluang untuk lebih maju, lebih memantapkan Lembaga Publikasi terpecut lagi. Terima kasih ;))

#BerkatNgeblog saya...
Aaaah. Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan! Bahkan saya pun bisa menghasilkan uang lewat ngeblog :D hahaha. Ya salah satunya menjual tulisan! Ketika tulisan kamu memenuhi syarat untuk dibayar, kamu akan dilirik untuk diminta membuat review tentang sesuatu. Why not? Halal dan mudah. Modalnya cuma nekat dan berusaha memberikan yang terbaik. Jangan lupa dimulai dengan Bismillah.

Saya lantas mengenal mas Anton dari Bali. Kaget saya ketika dia bercerita tentang kunjungannya ke Ende. Jadi ternyata mas Anton ini diundang oleh sebuah LSM untuk memberikan pelatihan internet dan blog kepada para Petani. Kaget dobel-dobel saya! Bukan karena, "kan ada saya di Ende yang juga bisa ngajarin blog... hahaha..." tapi karena PETANI SAJA PUNYA BLOG! Kenapa anak muda yang notabene online terus di Facebook atau Twitter nggak mau nyobain blog? Coba dulu, kalau sudah tau rasanya, baru deh ketagihan. Hahaha. Saya pernah ketagihan ngeblog sampai ketika koneksi internet sekota mati, saya depresi.

Baiklah, itu cerita saya (Indomie banget) hahaha. Bagaimana cerita kalian di #HariBlogger ini, temans? Share ya!

Sejak awal sampai sekarang, saya masih punya semangat untuk terus ngeblog. 7 tahun ini sudah saya buktikan bahwa BLOG BUKAN TREND SESAAT apalagi SESAT. No! Blog adalah jiwa bagi blogger yang telah mencapai pencerahan. Saya masih harus mencapai pencerahan di tingkat yang lebih atas lagi. Hehehe.

Salam ngeblog!


Wassalam.

Tuesday, October 25, 2011

Blogger Nusantara

Temans! :)

Akhir-akhir ini saya senang banget karena Flobamora Community (Komunitas Blogger NTT) menunjukkan kemajuan yang sangat pesat! Sangat sangat pesat! Saya sendiri sampai kaget dengan keadaan ini dan tentunya sangat bersyukur hehe.
Saya pernah berpikir suatu saat nanti mungkin Flobamora Community akan 'mati' karena keteledoran saya mengurusinya (dan akan jadi Ketua yang sangat buruk kalau itu terjadi), hahaha. Alhamdulillah yach, sesuatu :p hehe. Komunitas Blogger NTT ini tetap ada, tetap menunjukkan keberadaannya karena ada saja tidak cukup :)

Saya sangat berterimakasih pada member-member baru yang begitu bersemangat membesarkan Flobamora Community dan punya banyak ide untuk kegiatan-kegiatan Flobamora Community ke depannya. Wah... terima kasih banget ya, sob! Meskipun teman-teman dari wilayah lain NTT belum banyak yang gabung, tapi saya yakin suatu saat nanti kita akan lebih besar dan besar... seperti bodi saya hahahah.

Baru-baru ini saya menerima undangan dari Blogger Nusantara. Untuk detil undangan silahkan baca di Flobamora Community saja. Sudah diposting kok heheh. Intinya kegiatan tersebut akan sangat bermanfaat untuk semua blogger di Indonesia. Dari semua member ternyata hanya om Bisot dan Yudith saja yang bisa berangkat. Syukurlah :) ketimbang nggak ada yang hadir sama sekali? Rugi ilmu-nya, bung! Hadir kan untuk mendapat ilmu dan bersosialisasi sekaligus lebih menyebarluaskan eksistensi kita.

Sepulang dari kegiatan itu, dua wakil kita Insya Allah akan sharing knowledge. Yipie! Asyik laaah...

Btw ada lagi yang mau saya ceritakan, tapi disimpan buat next post aja yah. Takut kepanjangan hahaha. Semoga seua ini selalu bisa membawa kebaikan untuk kita semua. Amin ya Allah... amin!


Wassalam

Wednesday, October 19, 2011

Kopdar Kopdar

Temaaaan! ;))
Saya lagi punya banyak cerita nih. Mau dengar? Hah? Apa? Nggak mau dengar? Ya nggak apa-apa. Kalo nggak mau dengar, baca aja ya :p

Malam minggu kemarin, 15 Oktober 2011, Flobamora Community (FC) kopdar. Kitah kopdarnya di Pempek Banteng. Awalnya saya khawatir tidak banyak yang hadir karena sudah beberapa bulan FC fakum. Tapi ternyata banyak juga yang menanggapi undangan tersebut. Addduh maap ya teman-teman, waktu malam mingguan kalian tersita untuk FC *duileeeh*

Kopdar di Pempek Banteng itu membahas beberapa hal; tentang Flobamora Community dan member, Internetsehat dan Blood For Life Ende. Wah seru aja kali yah. Saya nggak nyangka member FC begitu antusias untuk membahas tentang pentingnya kita menggunakan internet secara sehat. Apa dampaknya bila kita terlalu bebas; menulis, mengedit foto orang, status, dan lain-lain. Jadi online itu butuh akal sehat juga :)

Cerita-cerita tentag kopdar bisa dibaca di blognya Flobamora Communiy yak! Dari kopdar itu kita sepakat buat mini-workshop-intern, Selasa, 18 Oktober 2011. Ya, tadi malam kita ketemu lagi di Warnet Merpati jam 7 malam. Suasananya sahdu :p *duileeeh!!!* secara semua pada serius belajar bikin blog dan twitter. Selama ini mereka lebih sering pakai Facebook dan nggak ada salahnya dikenalkan ke SocMed lain seperti Twitter.

Baiklah untuk teman-teman yang mau membaca report lengkap tentang kegiatan-kegiatan Flobamora Community, silahkan langsung menuju ke TKP :p blog komunitas. Mari berkenalan dengan teman-teman baru di twitter; @irostani @Cendana_Gaharu @shinta_diaz @OscarKapa @chejoemawar @poppyreny :) juga @christyupo @fauwzya @wileddie hehehe.

*kedip2*


Wassalam.

Thursday, October 13, 2011

Internet Sehat

Beberapa hari terakhir tangan saya gatelll bukan main, main bukan deh pokoknya hahaha. Sampe-sampe nih tangan mo saya garuk di parutan *duileee ngiperbola banget*
Ternyata betul lho kalo tangan gatal itu pertanda :D hahaha bodi gatal mah emang karena belom mandi. Okay, balik ke tangan gatal, ternyata betuuuulll itu pertanda *tadi udah kaleee disebutin* hehe. Pertanda mo dapat sesuatu! Karena dapat laki itu hil yang menihil jadi saya nggak yakin bakal dapat laki hahaha... Pas pulang kantor saya dapat kiriman dari Internetsehat (ICT Watch) sebuah dvd.

*loncat-loncat ampe Indra muntah darah*

Isi dvd-nya macam-macam. Mulai dari foto-foto kegiatan FGD kemarin di Hotel Harris, Jakarta, sampai dengan video dan info-info penting tentang bagaimana seharusnya kita berinternet secara SEHAT! Waaa senangnya.

Tadi saya dan Indra sempat ngoprek-ngoprek dvd tersebut sebelum saya pergi sama kakak dan Indra pergi ke sekolah. Kami sama-sama tertarik dengan isi dvd-nya dan rencananya sih bakal ngoprek lagi malam ini. Pengen tau lebih banyak dan pengen ngerti lebih banyak! Jadi manggut-manggut sendiri (apalagi Indra, bukan saya) hahaha *nggak mo ngaku* bahwa benar kalo kita online itu paling tidak harus ngerti kode etik-nya, secara sehat, dan (menurut saya pribadi) sedikit tidaknya memberi info kecil untuk orang yang baca. Wuhuuuh... kadang susah diwujudkan hahaha.

Baiklah di akhir postingan ini saya mau ngasih tau juga untuk semua member Flobamora Community, hari Sabtu tanggal 15 Oktober 2011 nanti kita kopdar ya. Lokasinya di Pempek jalan Banteng. Jam 7.30 pm, teng teng! Akan hadir juga mbak @Nur Benny dari Blood For Life Ende. Agenda kita adalah ; internet sehat dan donor darah.


Wassalam.

Thursday, October 06, 2011

Lampu Hijau yang Menguning

Ketika TrafficLight (TL) diberlakukan di kota Ende saya kira kehidupan lalu-lintas akan lebih tertib. Memang lebih tertib sih. Tertib di persimpangan besar dan saat banyak polisi berjaga-jaga. Di persimpangan sepi, jalan-jalan kecil, masih banyak yang suka nyelonong pas lampu merah menyala! Nggak mikir apa pas mereka selonong gitu nongol kendaraan lain dengan hak lintas-nya? Jedaarrr aja deh jadinya.

Rata-rata persimpangan ramai di Ende punya TL. Rata-rata TL-nya mulai aneh.

Ceritanya suatu malam saya diajak pergi sama tante Lila (tetangga setia yang udah kayak sodara sendiri). Pulangnya saya pilih jalan El Tari. Dari atas El Tari saya sudah ancang-ancang mau laju karena dari jauh lampunya merah! Iyess, merah berposisi paling atas. Pas udah dekat, lampunya kuning daaaan kuning seterusnya. Kanan-kiri saya sepi, nggak ada kendaraan satu pun. Saya pun berhenti dan ngajak tante Lila ngobrol. Yang bikin saya kaget, pas lagi ngobrol gitu tiba-tiba lampu merahnya nyala! Hah?

Jadi dari tadi itu lampunya pas hijau? Otak saya geger ;))

*ngakak nggak abis-abis*

Lampu hijau yang menguning (kemungkinan besar stikernya terkelupas) ini juga bisa ditemui di TL depan Shine Mart, jalan Diponegoro. Gila yah... :D makanya tadi saya bilang ANEH. Herannya hal ini sudah berlangsung cukup lama! Kita harus mengadu ke mana ya agar TL ini diperhatikan dan diperbaiki? Saya jamin, masyarakat pada tau tuh soal lampu hijau yang menguning ini, kemungkinan masyarakat sendiri juga bingung mau melapor ke mana.

Bagaimana dengan kamu? Punya pengalaman lucu dengan TL juga nggak? :D


Wassalam.

Monday, October 03, 2011

Sudah

Sudah.
Saya pergi saja.
Kau sudah begitu.
Mau apa lagi?
Jangan hubungi.
Kalau kau bilang kau sakit,
Saya juga.
Makanya, saya pergi saja.
Impas.

Ende/mendung/hari ini.

Saturday, October 01, 2011

Nostalgia


1988 (dan tahun-tahun di era 80-an), 30 September dan 1 Oktober, SDI Ende 11. Beramai-ramai kami bersama-sama berjalan kaki dari sekolah menuju Bioskop Flores untuk menonton film G30S/PKI. Ketawa-ketiwi, haha-hihi, bawa bekal dan senang-senang masa kecil padahal film yang ditonton nanti horor sangat. Gimana nggak horor? Ada lubang buaya tapi penuh mayat, ada gadis kecil cuci muka pake darah, ada adegan tembak-tembak ala koboi. Horor tapi seruuuu hahahaha. Scene Ade Irma basuh wajah pake darah itu jadi momen tak terlupakan oleh anak perempuan untuk nangis dan ngarep ada anak cowok yang merhatiin. Duilleeeeehhh hati bidadari nih yew!

Terus terang saya pengen kembali ke masa-masa SD itu. Pengen bisa jadi anak SD yang suka bolos hahaha. Bolosnya ke laut, mandi-mandi, makan alu dene dan senang-senang padahal udah dosa tuh bolos wkwkwkwkwk.
Bapak Ibu guru SDI Ende 11, MAKASIH YAAAAA!!!!

Hari ini, Sabtu 1 Oktober 2011. Kesaktian Pancasila. Jadi bangga nih ;)) hahaha. Bahwa 5 butir Pancasila direnungkan dan tercetus di Ende oleh Bung Karno adalah suatu kebanggaan bagi kami anak asli Ende. Meski kadang kebanggaan membuat lupa untuk berbenah dan memperbaiki diri hahaha.

Pancasila. Sakral. Syarat makna. Syarat persatuan. Sebagai masyarakat Indonesia saya kagum sama Pancasila. Seorang teman bercerita tentang bagaimana ia tidak bisa mengamalkan keseluruhan dari Pancasila akibat tingkatan ego yang terus melambung dan fanatisme dogma. Saya cuma bisa tersenyum dan dalam hati berucap syukur dibesarkan di tengah keluarga yang nasionalis dengan memang tinggi teguh ajaran; Hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama. Tidak pernah kami diajarkan paling benar kecuali dalam hal merebut cowok :p hahaha.

*gampar*

Jadi... di hari Kesaktian Pancasila ini... saktinya Pancasila masih terus teruji dari jaman ke jaman.

Merdeka!

*sudah habis ide :p* wkwkwkwkw.



Wassalam.