I Write My All

LightBlog

Seharusnya pos ini dipublikasikan pada awal Bulan Ramadhan. Tapi karena idenya baru tercetus sekarang, lah kita lanjutkan saja. Kita?...

5 Manfaat Puasa



Seharusnya pos ini dipublikasikan pada awal Bulan Ramadhan. Tapi karena idenya baru tercetus sekarang, lah kita lanjutkan saja. Kita? Oke, saya lanjutkan saja. Permasalahannya masih ada teman yang bilang kalau puasa itu untuk mengurangi berat badan. Klise. Meskipun itu salah satu manfaatnya; karena di dunia ini ada sistem diet melalui puasa, tapi bukan itu manfaat utama puasa. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, tentu setiap orang punya pengalaman kan, maka saya menyusun lima manfaat puasa ini. Ingat, ini pengalaman pribadi, bukan hasil sadur atau kopas dari mana-mana. Kalau kopas, saya tidak pernah lupa mencantumkan sumbernya; karena saya suka menulis, pun pasti tidak suka kalau tulisan saya dikopas sama orang lain tanpa mencantumkan sumber.

Apa saja lima manfaat puasa versi saya?

1. Menjalankan Salah Satu Rukun Islam

Menjalankan Rukun Islam, artinya menjalankan perintah agama. Rukun Islam untuk bersaum ini menempati urutan ketiga setelah mengucapkan dua kalimat sahadat dan shalat; sebelum mengeluarkan zakat dan menunaikan ibadah haji. Manfaatnya adalah dengan menjalankan perintah agama, maka Insha Allah kita terhindar dari perbuatan dosa dan jika puasanya khusyuk Insha Allah mendapat pahala dari Allah SWT. Sesederhana itu manfaat puasa yang pertama ini.

2. Belajar Menahan Nafsu

Kadang-kadang saya ketawa kalau kata nafsu masih diidentikkan dengan birahi saja. Nafsu itu selalu bersama kita selama nafas masih dikandung raga; selama masih mempunyai indera. Karena berpuasa diawali dengan makan sahur dan diakhiri dengan breakfast *tsah* alias buka puasa, maka dengan berpuasa kita menahan nafsu makan dan minum. Segala urusan perut ini menjadi terkontrol. Pikirkan perbedaan antara puasa dan tidak puasa. Beuh, kalau tidak puasa, adaaaa saja yang mau kita makan. Sampai nge-brunch di kafe bareng teman segala. Kaitan lainnya sama mulut ini selain makan dan minum adalah berbicara. Beuh, kalau tidak puasa, adaaaa saja bahan gosip yang digosok bersama teman. Kalau sudah menahan diri bergosip, artinya menahan kuping untuk mendengarkan hal-hal yang tidak baik. Itu otomatis!

Dengan berpuasa kita menahan nafsu melihat yang tidak pantas. Perihal yang tidak pantas ini tidak semua orang melakukannya, tapi jelas ada yang melakukannya. Menonton filem bokep atau membaca cerita bokep, misalnya. Menurut saya, melihat yang tidak pantas ini juga semisal melihat kekerasan dalam rumah tangga ... harus ditindak.
 
Dengan berpuasa kita menahan amarah. Iya, amarah ini nanti kaitannya sama cara kita berbicara. Not only gosip. Biasanya kalau sudah marah, ya maki-maki lah kita. Duh duh duh, batal habis itu puasa. Kadang-kadang masih saja saya marah-marah meskipun sudah berpuasa, tapi lekas sadar dan Istighfar.

3. Belajar Hidup Teratur

Manfaat puasa yang ketiga adalah belajar hidup teratur. Semua urusan pada Bulan Ramadhan sangat teratur. Waktu sahur dijadwal sampai batasnya yaitu imsak. Demikian pula dengan berbuka yang ada jadwalnya. Tubuh jadi terbiasa dengan rutinitas ini, dan jika tubuh terbiasa dengan rutinitas maka lambung pun demikian. Jadi, benar sekali kalau ada yang bilang puasa bisa menyembuhkan bermacam penyakit terutama sakit lambung (maag). Sakit lambung itu muncul karena waktu makan yang tidak teratur dan/atau tidak terkontrol. Percayalah, kalau kalian sakit lambung, coba ikuti keteraturan pola makan pada saat puasa.

4. Berhemat

Hahaha. Pasti ada yang ketawa waktu baca poin ini. Dengan berpuasa otomatis kita tidak bisa jajan seenaknya kan? Biasanya meskipun perut tidak lapar, tapi mata ini lapar banget waktu lihat makanan atau kudapan. Seperti pengalaman saya hehe. Dulu, bahkan sebelum saya diet DEBM, dikit-dikit ke kantin, buka kulkas, embat es teh botol; dikit-dikit ke kantin cari cemilan, kalau tidak ada cemilan itu perkedel jagung dijadiin cemilan sampai diketawain mas-mas pengelola kantin. Sumpah, busuk banget! Tapi dengan berpuasa kita jadi hemat. Ini manfaat yang paling baik bagi kalian yang suka boros kalau jajan. Soalnya, meskipun saat berpuasa ada saja kudapan yang disiapkan untuk bekal buka puasa, saat buka puasa tiba, yang bisa masuk ke perut sudah dibatasi sama lambung, hahaha. Jadi, ya kita bisa ancang-ancang berapa banyak kudapan yang dibeli sesuai kapasitas lambung saat buka puasa.

5. Mengurangi Bobot Tubuh

Ini adalah manfaat puasa yang paling sering dicari orang-orang, tapi sebenarnya tidak perlu dicari pun tetap akan terjadi penurunan bobot tubuh. Kenapa? Karena menurut hemat saya, saat berpuasa tubuh hanya menerima asupan yang dia butuhkan saja. Kudapan yang manis-manis? Berkurang. Es teh manis saat siang panas? Berkurang. Dan lain sebagainya. Dan karena kapasitas lambung juga terbatas, saat buka puasa, lambung tidak bisa menerima semua yang kita inginkan masuk ke perut. Otomatis bobot tubuh pun berkurang. Percaya deh sama saya.

Lima keutamaan manfaat puasa di atas sangat menguntungkan semua orang yang menjalaninya. Meskipun puasa di Bulan Ramadhan ini wajib bagi kaum Muslim, namun yang non-Muslim juga bisa mencoba dan merasakannya sendiri. Bagi saya, bukan soal agama mana yang mengajarkannya, tapi tentang manfaat dan kebaikannya. Misalnya, kalau nonton filem India saya suka sekali melihat mereka mencium kaki orangtua/membasuh kaki orangtua dengan tangan dan menciumnya. Ini budaya yang sangat baik kan? Anak-anak betul-betul diajarkan tentang posisi mereka terhadap orangtua. Karena semua agama mengajarkan satu hal yang sama: cinta kasih dan kebaikan kepada sesama manusia dan alam ini.

Semoga pos ini bermanfaat meskipun kalian sendiri tentu sudah merasakan manfaatnya :)


Cheers.

0 komentar:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.