I Write My All

LightBlog

Gambar diambil dari sini . Sudah sering dengan/baca tentang oat dan manfaatnya? Pasti sering lah ya. Tapi, sudah sering mengkonsums...

5 Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Mengkonsumsi Oat

Gambar diambil dari sini.

Sudah sering dengan/baca tentang oat dan manfaatnya? Pasti sering lah ya. Tapi, sudah sering mengkonsumsi oat? Kalau ini yang ini saya yakin tidak semua orang mengkonsumsi oat. Saya membeli oat di toko itu karena tergiur sama kemasannya; dua kotak oat dalam kemasan stoples gede. Stoplesnya itu yang saya suka. Hahaha. Kan kampret banget saya. Apa itu oat? Dari CNN Indonesia, saya menemukan artikel ini:

Oat dan gandum memang sudah lama dikenal di kalangan masyarakat, khususnya yang punya kebiasaan hidup sehat dan juga berdiet. Namun kenyataannya, selama ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui perbedaan oat dan gandum. Oat memang tidak jauh berbeda dengan gandum karena sama-sama berasal dari satu famili, yaitu serelia.

Lalu apa yang membedakan keduanya? Dokter Spesialis Gizi Klinik Bunda Heart Centre, Elia Indrianingsih, mengatakan, oat bisa dimakan langsung. Oat ini dikenal dengan nama havermut.  Sementara gandum tidak bisa dimakan langsung. Untuk bisa disantap, gandum harus melalui proses pengolahan menjadi tepung. Tepung ini pun harus diproses lagi menjadi roti atau kue agar bisa dikonsumsi.

Kedua bahan makanan ini memang jadi pilihan banyak orang ketika mereka sedang diet. Bahan makanan ini memang mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, bahan makanan ini juga rendah kolesterol sehingga bersahabat untuk jantung.


Banyak manfaat oat yang belum kita ketahui, kecuali kita tahu pasti oat itu baik untuk jantung. Dari berbagai sumber, saya coba merangkum manfaat oat untuk kalian semua. Baik kan saya? Baik dooooonk :p

1. Tubuh Menjadi Kaya Antioksidan

Dari situs ini, dan situs itu, yang dirangkum sama situs yang ini, ditemukan bahwa oat ini kaya antioksidan. Menurut Wikipedia: Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Antioksidan seperti tiol atau asam askorbat (vitamin C) mengakhiri reaksi berantai ini. Dengan kondisi bumi yang semakin tercemar ini (duh bahasanya), rajin-rajinlah mengkonsumsi oat. Tapi selain oat, kalian juga bisa mencari bahan makanan/minuman lain yang juga kaya antioksidan, salah satunya yang dulu rajin saya konsumsi adalah teh rosela.

2. Meningkatkan Enerji

Menurut situs yang ini, sangat bagus jika kalian sarapan dengan oat. Eh pastinya dengan mulut ya :p hahaha. Maksudnya sarapan oat. Oatmeal dianggap sebagai gandum utuh, yang berarti mengandung banyak karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber energi utama tubuh. Bahan bakar yang didapatkan dari karbohidrat kompleks akan bertahan lebih lama daripada yang berasal dari makanan biji-bijian olahan. Selain itu, oatmeal tinggi serat, yang mencerna secara perlahan dan membuat kalian merasa kenyang lebih lama. Siapkan oat dengan susu skim untuk protein dan kenari yang memiliki lemak serat. Boleh juga dicampur kismis. 

3. Mengurangi Bobot Tubuh

Ini tentu ada kaitannya dengan poin nomor 2 di atas. Dengan merasa kenyang lebih lama karena karbohidrat kompleks tadi, otomatis kita jadi tidak sering makan bukan? Ya tentu itu akan mengurangi bobot tubuh kita. 

4. Mengurangi Angka Kolesterol

Oat mengandung beta-glucan yang sangat membantu mengurangi kolesterol di dalam tubuh. Karena asam linoleat dan serat larut yang terkandung dalam oatmeal, membantu menurunkan tingkat trigliserida dan kolesterol jahat dalam darah. Nutrisi ini "membersihkan" sisa-sisa lemak dari dinding arteri dan melindungi tubuh kita dari perkembangan penyakit serius seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

5. Kulit Menjadi Lebih Sehat

Seperti yang ditulis di situs ini, dan dirangkum oleh situs itu, oat membantu menjadikan kulit lebih sehat. Hal yang sama juga terjadi apabila kalian rajin mengkonsumsi telur setiap hari. Seperti saya: pagi, siang, malam, wajib makan telur hahaha. Tapi akhir-akhir ini mulai kendur DEBM-nya, huhu.

Jadi, itu dia yang akan terjadi pada tubuh manusia (saya dan kalian haha) ketika mengkonsumsi oat ... setiap hari. Kenapa harus setiap hari? Karena kalau jarang-jarang kan mana bisa terlihat hasilnya, apalagi mengkonsumsinya satu tahun empat kali (kalau lima jadi sempurna :p). Bagi kalian yang program diet-nya masih acak-acakan alias belum tentu mengikuti program yang mana (kalau saya kan jelas DEBM), cobalah diet dengan mengkonsumsi oat ini.

Semoga bermanfaat!


Cheers.

2 comments:

  1. Brarti kalau mau kurus mesti minum obat terus ya beb kayak no 3 xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah begitulah hahahah :D minum obat terus dan tidak rajin makan :D

      Delete

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.