I Write My All

LightBlog

Gambar diambil dari sini . Sejak kadar gula dalam darah saya bertengger di angka 400-an, banyak sekali obat baik tradisional maupun...

5 Manfaat Jahe Yang Perlu Kalian Ketahui



Sejak kadar gula dalam darah saya bertengger di angka 400-an, banyak sekali obat baik tradisional maupun kimia yang disarankan pada saya. Semua yang menyarankan mengatakan bahwa obat-obatan tersebut dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah, tidak seratus persen menyembuhkannya. Karena diabetes memang sulit disembuhkan. Konon katanya begitu. Dan saya adalah orang yang paling sulit mengkonsumsi obat kimia ... hiks.


Salah satu obat yang dianjurkan/disarankan adalah jahe. Katanya dengan meminum air rebusan jahe setiap hari, dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Sejauh ini saya belum melakukannya karena masih konsisten dengan diet rendah karbo DEBM. Jahe mah enaknya direbus bersama sereh dan gula merah kan yaaaa, tambahi kayu manis, rasanya aduhai.

Jadi, apa saja manfaat jahe yang saya rangkum hari ini? Dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber, mari kita simak manfaat jahe, salah satu bumbu dapur yang dapat ditanam di rumah kita sendiri.

Cekidot!

1. Mengurangi Kadar Gula Dalam Darah

Jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid. Lipid adalah kelompok molekul alami yang meliputi lemak, lilin, sterol, vitamin yang larut dalam lemak (seperti vitamin A, D, E, dan K), monogliserida, digliserida, trigliserida, fosfolipid, dan lain-lain (Wikipedia). Oleh karenanya jahe memiliki efek yang kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Selain itu jahe juga memiliki efek perlindungan bagi penderita diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya. Kerusakan mata itu namanya glaukoma (mata kanan Mamatua sudah kena glaukoma, kata dokternya).

2. Jahe dan Suara

Sudah sejak saya kecil; sering mendengar jahe bagus untuk suara. Jadi teman-teman yang bakal tampil di panggung buat nyanyi, biasanya disuguhi minuman air jahe. Kalau saya sendiri beberapa kali minum jahe pabrikan (serbuk) apabila suara mulai parau. Kalau ada kegiatan lomba vokal grup di kampus dan kelompok/grup kami itu latihan  nyanyinya di rumah saya, saya bakal menyiapkan rebusan air jahe + serai + gula merah + kayu manis hehe. Silahkan dicoba. Rasanya enaaaaak sekali.

3. Mengatasi Mual

Kalau kalian ke Pulau Flores dan melakukan Flores Overland, percaya lah, kalian pasti butuh permen jahe agar tidak mual karena jalanannya berkelok-kelok tiada habis. Dari sini, saya menemukan informasi:

Sebuah riset yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society of Clinical Oncology, tahun 2009 silam menemukan bahwa jahe dapat mengurangi efek mual pada pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Riset tersebut dibiayai oleh National Cancer Institute, di mana melibatkan 644 pasien, kebanyakan wanita dengan kanker payudara, yang tengah menjalani kemoterapi di 23 praktik onkologi di Amerika Serikat. 

4. Menghangatkan Kaki

Bumi ini sedang dingin-dinginnya kan, oleh karena itu cobalah resep yang satu ini, warisan dari Bapa (almarhum) haha. Jahe diparut, setelah itu ditempelkan ke telapak kaki. Untuk menahannya bisa pakai kain + kaos kaki. Kata Bapa tidur bisa lebih nyenyak.

5. Membantu Diet

Kalau yang satu ini belum pernah saya cobain sih. Tapi mungkin karena efek panasnya itu yaaaa jadi bisa membantu membakar lemak ha ha ha. Tapi banyak teman saya yang mencoba diet dengan mengonsumsi air jahe setiap pagi.

Bagaimana, bagus-bagus kan manfaatnya? Siapa tahu kalian juga pernah terapi jahe untuk sakit tertentu, bagi tahu donk di komentar, saling berbagi informasi.

Oia, masih ingat dengan pos tentang mengangkat kaki ke dinding? Nah, semakin rajin melakukannya, efek ke tubuh saya adalah menjadi lebih sering buang angin pagi-malam-pagi hahaha. Sampai dikatain bom kentut sama penghuni rumah. Saya lebih suka buang angin karena dengan demikian ronga tubuh seperti jauuuuuh lebih lega.

Semoga bermanfaat!


Cheers.
loading...

3 comments:

  1. diabetes bukan berarti gak boleh minum gula kan sis? ada yang bilang kalau diabetes minum yang pahit2 bener gak ya gk tau..

    ReplyDelete
  2. Gula khusus hehehe, biasanya gula diabetasol atau tropicana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoooh q pagi ini banyak ketolong dari rebusan jahe merah beb.. soalnya dari semalem susah nafas trus bunyi kalau nafas :(

      Delete

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.