I Write My All

LightBlog

K ami menyebutnya mol-mie. Itu penggiling manual yang bisa kalian lihat di gerobak-gerobak dagangan gorengan pisang molen. Mol-mie it...

Stik Keju Legendaris



Kami menyebutnya mol-mie. Itu penggiling manual yang bisa kalian lihat di gerobak-gerobak dagangan gorengan pisang molen. Mol-mie itu lah yang telah lama menjadi andalan saya jika ingin membikin stik keju. Stik keju saja kah? Tidak dooonk. Mol-mie itu juga kami pakai untuk menggiling bakal kulit pastel. Tergantung kebutuhan.

Baca Juga: Manfaat Mengaktifkan Hotspot Pribadi

Saking tuanya usia mol-mie itu, bagian penahannya sudah longgar dan harus dialas menggunakan bantalan kertas (kertas yang dilipat). Belum perlu membeli yang baru karena tidak setiap hari membikin stik keju, dan laju roda-rodanya juga masih oke.

Sabtu kemarin, setelah pulang ke rumah dalam kondisi lelah bersama dinosaurus saya memutuskan untuk segera membikin stik keju karena Hari Raya Natal sudah di depan mata dan stik keju ini adalah pesanan Irma Pello, sahabat saya yang sedang hamil muda. Andaikan Irma tidak dalam kondisi itu, sudah pasti saya ... eh ... menolak ... tapi tidak enak ... ya saya tetap terima lah. Soalnya saya juga pasti bikin stik keju untuk diantar ke rumah saudara dan tetangga.



Jadi, apa saja bahan-bahannya?

1. Tepung terigu.
2. Keju chedar (Craft).
3. Masako.
4. Garam.
5. Telur.
6. Margarin.
7. Bibit roti.

Cara membikin:

SAYA SUSAH MENJELASKANNYA.



Karena saya bukan si jago masak atau si tukang kue, jadi semua bahan tidak pernah ditakar menggunakan timbangan.

Baca Juga: Belajar Literasi Digital

Campurkan saja lebih dulu dua setengah kilogram tepung terigu yang artinya dua setengah bungkus, dua keju chedar parut, dua bungkus masako, garam sesuai feeling so strong, satu telur (boleh dua asal jangan duapuluh), bibit roti sesuai hati nurani. Setelah itu, masukkan sekitar sepuluh sendok margarin cair. Sudah tercampur semuanya? Ya sudah, tambahkan air, diadon sampai kalis. Lalu dijadikan ganjalan lemari. Ya tidak dooonk hehe. Lalu adonan tadi disimpan di wadah, tutup rapi dengan kain, tunggu sampai tigapuluh menit sampai adonan mengembang.



Setelah itu ... silahkan gunakan mol-mie dan keterampilan tangan untuk membikin stiknya. Dan ... goreng sampai sedap dilihat. Jangan lupa diangkat, nanti gosong.

Selesai.

Silahkan menikmati stik keju yang renyah dan bikin lidah menagih. Huhuy!

Selain stik keju, ada satu lagi andalan saya yaitu kukis. Kukis tanpa telur yang rasanya uh wow sekali hahaha. Sayangnya saya sedang tidak ingin membikin kukis cokelat ini. Malas saja.

Semoga bermanfaat. Siapa tahu kalian juga mau membikinnya :D



Cheers.
loading...

0 komentar:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.