I Write My All

LightBlog

Gambar diambil dari Wikipedia . Mengkudu disebut juga pace . Kalau menulis pace, pasti ingatnya julukan untuk laki-laki asal Papua ...

5 Manfaat Buah Mengkudu

Gambar diambil dari Wikipedia.


Mengkudu disebut juga pace. Kalau menulis pace, pasti ingatnya julukan untuk laki-laki asal Papua yaitu Pace, sedangkan perempuannya Mace. Julukan-julukan ini berlaku untuk seluruh Indonesia meskipun beda sebutan. Misalnya laki-laki di Ende dipanggil Nara, perempuannya dipanggil Weta. Tapi jangan salah, kawan kami pun meskipun bukan orang Papua, nama panggilannya juga Pace meskipun nama aslinya itu Charlie atau Paskalis. 

Baca Juga: 5 Buah Penunjang Diet

Mari lanjutkan tentang mengkudu yang juga disebut pace ini. Mengkudu punya nama ilmiah Morinda citrifolia. Pohonnya cukup besar dan tinggi setinggi pohon jambu begitu tapi pokoknya jauh lebih besar dari pohon jambu. Kami punya satu pohon mengkudu di samping rumah dan satu pohon jambu di depan rumah, soalnya. Pohon mengkudu ini tidak akan pernah ditebang meskipun dedaunannya sering memenuhi atap kamarnya Thika. Ketimbang menebang, lebih baik dedaunannya saja yang dibersihkan.

Pohon mengkudu ini bermanfaat, selama yang saya tahu, adalah akar, daun, dan buahnya.

1. Akar

Di Kabupaten Ende, akar mengkudu (mengkudu disebut kembo) merupakan salah satu bahan alami untuk pewarnaan untaian benang bakal tenun ikat. Harga sarung Kembo tergolong paling mahal; disebabkan proses pembuatannya serta ketahanannya meskipun sering dipakai dan berusia uzur.

2. Daun

Mungkin alian lebih sering mendengar manfaat buah mengkudu ketimbang daun mengkudu. Waktu Mamatua sakit, kami sering merebus air bekal mandinya dengan daun mengkudu. Kata Mamatua, air daun mengkudu yang dipakai mandi itu bikin tubuhnya terasa lebih ringan.

3. Buah

Ini dia yang paling sering dibicarakan orang-orang. Buah mengkudu punya banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. Ingat, sehat itu murah tapi sakit itu mahal!


Jadi, kali ini saya menulis tentang lima manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Satu-satunya sumber pendukung dari pos ini hanyalah Wikipedia. Yang lainnya adalah omongan Mamatua dan Mamasia yang senantiasa mengandalkan mengkudu.

1. Mengandung Vitamin dan Zat Penting Bagi Tubuh


Buah mengkudu disebut merupakan buah makanan bergizi lengkap karena mengandung begitu banyak zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat tersebut antara lain protein, vitamin, dan mineral penting. Selenium yang merupakan salah satu mineral yang terdapat dalam buah mengkudu itu merupakan antioksidan yang hebat. Sedangkan beberapa senyawa lain antara lain xeronine, plants sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, magnesium, dan lain sebagainya.

2. Bermanfaat Memulihkan Sel-Sel Tubuh


Mungkin yang membikin Mamatua begitu rajinnya meminum jus mengkudu, dan mandi air rebusan daun mengkudu. Setelah stroke, Mamatua jadi rajin meminum buah mengkudu yang sudah dihancurkan dan diambil airnya. Oke, rumah kami memang jadi bau sekali, terutama kulkas, tapi demi Mamatua ... no problemo. Selain buah mengkudu, saat Mamatua mengidap Strucma, yang dikonsumsi adalah jus air bawang merah dicampur air perasan daun damar. Terpenoid merupakan zat yang terkandung di dalam mengkudu, yang memantu dalam proses sintesis organik dam pemulihan sel-sel tubuh.

3. Mengandung Zat Anti Bakteri


Tidak disangka di dalam buah mengkudu juga terkandung zat anti bakteri yang dapat mematikan bakteri penyebab infeksi. Diantaranya Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S. schotmuelleri dan lain sebagainya.

4. Mengandung Zat Anti Alergi


Scolopetin merupakan senyawa yang sangat efektif sebagai unsur anti peradangan dan anti alergi.

5. Mengandung Zat Anti Kanker


Ini yang paling kita suka hahaha. Zat anti kanker yang terdapat dalam mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal. 

Alam telah menyediakan, manusia harus rajin mencari tahu dan melakukan, kalau memang berniat untuk terhindar dari penyakit (meskipun tidak semua).


Beberapa informasi yang saya dengar dari orang-orang yang pernah mengonsumsi buah mengkudu, buah ini juga dapat mengobati penyakit-penyakit seperti rematik, penyakit jantung, kolesterol, hingga diabetes! A-ha. Ada yang terlalu manis hidupnya ... seperti saya? Yuk cobain jus buah mengkudu. Tapi harus tahan sama aromanya itu yaaa *dinosaurus menggeleng kuat-kuat*. Memang betul, kalau mau sehat, jalannya kadang berliku dan penuh semak.

Tapi jangan kuatir lah, sekarang ini sudah ada banyak buah mengkudu yang dikemas dengan sangat baik, di dalam kapsul, sehingga kalian tinggal meminumnya tanpa harus merasakan perihnya perasaan memarut/menghancurkan mengkudu untuk diambil air/jus-nya. Hehe. Masih terbayang wajah Mamasia, dulu, waktu membikin jus mengkudu untuk Mamatua. Kepalanya sampai geleng-geleng karena aromanya itu aduhai sekali.

Baca Juga: 5 Manfaat Dompet Obat

Bagaimana, kawan ... mau mencoba buah mengkudu?

Semoga bermanfaat!



Cheers.

0 komentar:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.