I Write My All

LightBlog

Pasti ada yang bilang: getol banget si Tuteh pasang-pasang iklan di blog -nya. Sudah ditolak lagi sama GA gara-gara ganti domain blog ...

Adnow


Pasti ada yang bilang: getol banget si Tuteh pasang-pasang iklan di blog-nya. Sudah ditolak lagi sama GA gara-gara ganti domain blog utama di pertengahan jalan, sekarang gaya banget dia ikutan pasang Adnow Native Advertising Network atau disingkat Adnow. Yakin berhasil? Haha. Silahkan ... hak siapa pun juga untuk berpikir demikian. Namanya juga blog yang diatur untuk bisa dibaca oleh semua orang, dikritik atau diomongin itu biasa, sekalian melatih diri sebelum menjadi artis skala internasional *apa iniiii kok ada batako nyasar di kepala saya!?*

Baca Juga: Prynt, The Print Pocket

Kenapa Getol?


Jawabannya sederhana. Setiap kali menjadi narasumber atau pemateri dalam kegiatan seminar dan/atau pelatihan blog, Insha Allah masih akan terus berjalan, salah satu elemen yang selalu saya katakan kepada peserta sebagai magnet agar mereka mau nge-blog pun lebih rajin nge-blog adalah memperoleh penghasilan dari blog. Saat bilang begitu, mata para peserta jadi berbinar-binar indah dan kemudian menjadi redup saat saya tambahkan, "Asaaaaaallll ... konsisten nge-blog dan mau mencari tahu cara-caranya."

Caranya macam-macam:

1. Memasang iklan sekelas GA dan Adnow.
2. Menerima content placement.
3. Menulis untuk pemberi order.
4. Menjual produk sendiri.
5. Dan lain sebagainya.

Jadi, saya ingin apa yang saya katakan kepada audiens itu bukan isapan jempol belaka. Bukan omong kosong. Bukan sekadar mimpi. Untuk memperkuat apa yang saya katakan itu, tentu harus disertai contoh misalnya: saya memang pernah dibayar mendekati sejuta untuk menulis tentang destinasi wisata (by request), pernah juga menerima tawaran content placement, dan pernah juga menjual buku tulisan sendiri lewat blog, tapi dari iklan seperti GA? Belum bisa saya buktikan kepada para peserta. Lhaaa bagaimana bisa saya buktikan? Belum apa-apa sudah tragedi hehe.

Bakal lama donk untuk bisa membuktikannya terlebih baru saja mendaftar di Adnow? Jelas itu pemirsa! Mana ada yang instan? Mi instan saja butuh proses mendidihkan air terlebih dahulu kan. Jadi, kita lihat saja nanti proses dan hasilnya. Kelak. Kalau mendadak GA kembali membuka gerbangnya untuk blog ini, ya itu nanti baru saya pikirkan bagaimana caranya hahaha. Eh, boleh kan ya memasang dua sumber iklan pada satu blog

Apakah Adnow Dapat Dipercaya?


Itu belum bisa saya katakan sekarang karena belum membuktikannya. Akan tetapi mencari tahu tentang ini ada untungnya juga. Karena saya toh jadi tahu kalau Adnow betul-betul membayar para publisher-nya. Proses pembayaran yang paling banyak dipilih melalui Paypal. Iya, saya sudah lama juga sih punya akun Paypal dan sudah ada pula isinya ... siapa tahu akun Paypal saya menjadi sedikit berisi. Kelak.

Sulitkah Mendaftar dan Memasang Adnow?


Saya boleh ketawa dulu? Kenapa ketawa? Karena memasang Adnow terbilang sangat mudah dan cepat. Pada situsnya ditulis paling lama sekitar dua kali duapuluh empat jam kan? Nah saya mengalami hanya beberapa jam saja sudah diterima alias blog ini sudah aktif dan boleh memasang widget-nya. Memasang widget pun mudah saja. Kecuali kalau kalian ingin dikhususkan di bawah pos atau di awal pos atau di tengah pos (silahkan cari di Google karena banyak yang sudah mengulasnya). Untuk sekarang sih saya memilih memasangnya di side bar saja.


Saya tidak akan mengulas tentang tata cara mendaftar di Adnow serta memasang kodenya di blog. Sudah banyak blog yang mengulasnya dan bisa kalian cari sendiri lewat Google. Saya hanya ingin sampaikan bahwa memasang Adnow di blog ini bukan semata-mata karena ingin memperoleh penghasilan yangmana gaji bulanan saya jauh lebih besar dan tentunya pasti, sama dengan waktu memasang GA, saya juga ingin membuktikan (contoh) kepada para peserta seminar tentang membuat dan mengelola blog. Tentang salah satu cara memperoleh penghasilan dari blog.

Baca Juga: The Pause Pod

Seperti tadi siang di Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Flores saat saya mengulas dashboard blog pada mahasiswa di sana, tentang penghasilan ini juga saya bahas. Jelas, mereka yang sudah punya blog jadi lebih bersemangat. Ya, semoga masih diundang ke FTI untuk lebih meracuni mahasiswa dengan virus blog ini.

Itu dari saya ... bagaimana dengan kalian?


Cheers.
loading...

0 komentar:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.