I Write My All

LightBlog

Sumber gambar: Wikipedia . Saya selalu suka menonton filem-filem bertema survival a.k.a. bertahan hidup. Seru banget membayangkan ...

Survival Movies

Sumber gambar: Wikipedia.

Saya selalu suka menonton filem-filem bertema survival a.k.a. bertahan hidup. Seru banget membayangkan saya dan dinosaurus hidup aman tentram di bunker yang mewah dengan fasilitas lengkap sementara di atas bunker musuh sedang bersileweran. Saya juga sering membayangkan zombie menguasai Kota Ende, ada yang berjalan-jalan di sekitar rumah saat malam hari, dan kami harus berhati-hati (tidak menimbulkan bebunyian yang mengundang kedatangan zombie) di dalam rumah sendiri. Sayangnya saya jarang membayangkan tentang hidup di sebuah pulau sendirian seperti filem Cast Away.

Baca Juga: The Willis Clan

Menonton filem-filem bertema survival pasti membikin kita berpikir cepat tentang bagaimana alias apa yang seharusnya dilakukan oleh si tokoh. Pasti pernah kan kalian menyeletuk: tuuuuh apa saya bilang, jangan sembunyi di silo, coba lari ke sungai, dan seterusnya dan sebagainya dan kawan-kawan. Karena suka sama filem-filem bertema survival ini, maka saya sering banget mencari di Google tentang filem-filem tersebut. Sebagaian besar sudah saya tonton. Dan kali ini saya bakal membahas beberapa yang fenomenal dan patut kalian tonton ... ulang.

Filem-filem apa saja kah?

Yuk simak ...

1. Life of Pi


Tahun 2013 saya diajak oleh Ilham Himawan untuk menonton sebuah filem berjudul Life of Pi. Maka, malam itu kami bersama beberapa teman lain, menonton filem yang bercerita tentang Pi Patel (remaja) yang bertahan hidup di lautan luas setelah selamat dari kapal yang karam akibat badai, yang diceritakan oleh Pi Patel (dewasa) kepada seorang penulis buku. Tentu setelah kisah selamatnya Pi bertahan di lautan luas bersama seekor harimau Bengala bernama Peter Richard Parker itu tersebar. Berdasarkan apa yang saya baca di forum-forum baik dalam negeri maupun luar negeri, filem ini masih menyisakan banyak tanda tanya tentang tokoh dan hewan-hewan yang diceritakan (pernah) selamat bersama Pi dalam life boat, serta sebuah pulau. Pulau yang bersinar kala malam hari yang ditemukan Pi sebelum selamat, terdampar di pantai di Meksiko. 

Rasanya saya tidak sanggup menghadapi si Richard Parker sendirian di sebuah life boat. Sudah duluan terjun ke laut dan tenggelam, remember ... I can't swim, karena ketakutan. Haha.

Kenapa Life of Pi saya sarankan untuk kalian tonton ulang? Karena Ang Lee begitu piawai menghadirkan scene demi scene yang memukau dan memanjakan mata. Tidak pernah rugi menonton ulang filem ini. Lagi dan lagi.

2. Cast Away


Menonton Cast Away, serta Castaway on the Moon dari Korea, membikin saya berkata pada diri sendiri bahwa alam menyediakan segalanya. Manusia, secara langsung maupun dengan menggunakan teknologi dasar, tentu dapat menikmati segala yang disediakan Tuhan pada alam semesta ini. Selama empat tahun Chuck Noland (Tom Hanks) betahan hidup sendirian hingga akhirnya memutuskan untuk keluar dari pulau itu setelah mempelajari tentang kondisi/cuaca dan membuat rakit dari apa yang tersisa di pesawat yang jatuh itu. 

3. 127 Hours


Alhamdulillah selain sudah menonton filemnya, saya juga sudah membaca bukunya yang berjudul Between a Rock and a Hard Place yang ditulis oleh Aron Ralston. Apa yang disajikan dalam filem yang diperankan oleh James Franco itu memang versi sederhana/singkat dari bukunya. Saya banyak belajar tentang dunia petualang atau dunia outdoor. Bukunya lebih kaya akan kisah-kisah lain Aron Ralston sebelum dan sesudah kecelakaan yang menyebabkan ia 'terpenjara' di Blue John Canyon yang menyebabkan ia memotong sendiri tangannya yang terjepit batu itu. Keputusan untuk memutuskan tangannya menggunakan memang bikin ngeri kan ya ...

4. The Walking Dead


Ini merupakan sajian tentang survival terlama. Haha. Serial ini menunjukkan kepada para penonton bahwa musuh utama manusia adalah manusia itu sendiri. Homo homini lupus. Manusia adalah serigala bagi manusia lainnya. Coba tonton ulang The Walking Dead dari musim pertama ... betul-betul menggairahkan bagaimana cara mereka bersatu dan bertahan hidup di bawah tekanan zombie dan manusia itu sendiri.

5. The Martian


Bertahan hidup sendiri di sebuah pulau asing atau di lautan mungkin sudah sering terjadi dalam kehidupan nyata, tapi bagaimana dengan bertahan hidup di Planet Mars? Haha. Itu memang tidak terjadi di dunia nyata tapi di sebuah filem berjudul The Martian. Matt Damon memerankan karakter Mark Watney dengan sangat baik, menurut saya. Kecerdasannya lah juga yang membikinnya diketahui masih hidup di Planet Mars setelah badai itu dan kemudian selamat kembali ke bumi.


Tidak cukup lima filem di atas. Masih banyak filem-filem bertema survival yang patut kalian tonton ulang diantaranya The Revenant, Gravity, Jungle (ini mengerikan sekali, hehe), Burried, Wild, The Shallows, hingga filem lama berjudul Sanctum. Bagi saya, filem-filem bertema survival ini layak ditonton ulang, bukan hanya karena keindahan gambarnya seperti Life of Pi, tapi karena banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa dipetik. Misalnya, kita tidak mati hanya karena meminum air kencing sendiri yang dilakukan oleh Aron Ralston bukan? Atau, sahabat sejati pasti akan kembali menyelamatkan kita dalam filem Jungle.

Baca Juga: Bodo Amat

Nah ... wiken ini ... filem survival mana yang akan kalian tonton ... ulang? Bagi tahu yuk di komentar.


Cheers.
loading...

0 komentar:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.