I Write My All

LightBlog

Sumber: MOD Siapa di sini yang suka kemping? Saya suka kemping tapi sudah tidak pernah kemping sejak lulus SMP Negeri 2 Ende. Waktu...

Tungku Kemping Mini yang Praktis dan Keren

Sumber: MOD

Siapa di sini yang suka kemping? Saya suka kemping tapi sudah tidak pernah kemping sejak lulus SMP Negeri 2 Ende. Waktu duduk di bangku SMP Negeri 2 saya aktif mengikuti beragam kegiatan Pramuka salah satunya kemping. Kemping zaman dulu itu harus punya persiapan super matang karena, salah satu alasannya, tenda yang dipakai bukan tenda jadi melainkan terpal super besar yang didirikan dengan bantuan bambu-bambu penyangga. Bisa memuat satu regu yang biasanya terdiri dari dua belas orang! Sayangnya dulu itu kalau kemping kita terpaksa membawa kompor demi terpenuhinya kebutuhan perut masyarakat. Haha.

Baca Juga: LED For Camera

Zaman sekarang ini semua serba enak. Sering menonton video di Youtube, jadi iri melihat aneka video tentang camping gear. Rasanya pengen kembali kemping kalau melihat video-video itu. Nah, beberapa video memuat camping gear yang salah satunya adalah stove (tungku) mini. Andaikan penemuan ini sudah ada sejak zaman dulu, kami anak Pramuka ini tidak perlu membawa kompor dan jerigen berisi minyak tanah. Setidaknya bisa membawa lima tungku kemping mini semacam ini untuk berbagai keperluan.

Bentuk tungku kemping mini ini ada dua: tabung/kaleng dan segi empat. Gambar yang kalian lihat di awal pos adalah tungku mini berbentuk segi empat yang dapat dirakit (sebelumnya terpisah atau dapat dilepas).

Tungku Kaleng


Suka sekali melihat proses pembuatan hingga penggunaan tungku kaleng ini. Ada dua ukuran kaleng yang dipakai: besar dan kecil/sedang. 


Bisa dibuat sendiri kan. Kelihatannya mudah. Tapi saya belum pernah membikinnya sendiri jadi belum tahu seberapa tingkat kesuliatannya. Dua kaleng yang disatukan seperti gambar di atas dengan bahan bakar kayu-kayu kecil yang dimasukkan melalui lobang kaleng yang kecil (dari samping). Saya sudah menonton ratusan video tentang tungku seperti ini. Bisa merebus air, memasak atau menggoreng telur, sosis, dan lain sebagainya. Untuk keperluan kemping yang terdiri atas dua sampai lima orang ... lebih dari cukup!

Tungku Rakit Segi Empat


Seperti gambar di awal pos. Sudah banyak produsen yang memproduksinya serta sudah dijual di toko-toko online. Tungku ini kira-kira sama dengan tungku kaleng. Menggunakan bahan bakar kayu-kayu kecil juga. Keperluan kemping untuk dua sampai lima orang masih tercukupi dengan tungku ini. Kebanyakan memang memilih tungku rakitan segi empat karena tidak perlu membikin dan harganya relatif murah. 

Bagi kalian yang suka kemping, sekeluarga yang tidak lebih dari lima orang, saya pikir tungku kemping mini yang praktis dan keren ini bisa jadi pilihan. Kecuali, kalian memang sudah punya tungku-tungku mini outdoor yang sudah sering digunakan saat kemping. Hehe. Kan lumayan, membawanya juga menghemat tempat dan minim resiko, saat digunakan pun praktis! Tinggal membikin api dan berusaha agar apinya tetap menyala hingga semua urusan masak-memasak selesai.

Baca Juga: Cetak Saring

Bagaimana ... suka kan?

Kalau saya sih ... hyess!!!

Jadi pengen kemping lagi ... :D



Cheers.
loading...

0 komentar:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.