I Write My All

LightBlog

Ternyata Bisa Juga Saya Membikin Video Tutorial Blogging . Nge- blog sejak tahun 2002/2003 bukan jaminan saya bisa seperti orang-orang...

Ternyata Bisa Juga Saya Membikin Video Tutorial Blogging


Ternyata Bisa Juga Saya Membikin Video Tutorial Blogging. Nge-blog sejak tahun 2002/2003 bukan jaminan saya bisa seperti orang-orang. Banyak viewer? Mimpi. Haha. Apalagi berhasil dengan adsense! Mimpi yang ketinggian. Tapi saya harus bersyukur karena viewer rata-rata per hari bisa mencapai 300 sampai 400-an untuk random pos. Tertinggi itu 800-an. Itu hitungan statistik harian yang paling suka saya lihat di dashboard Blogger. Karena, kalau melihat viewer per pos ... miris *ngikik*. Dan saya juga harus bersyukur karena meskipun belum memperoleh penghasilan dari adsense, tapi saya sudah memperoleh penghasilan dari menulis seperti menulis review hingga content placement. Jika kita pandai bersyukur, insha Allah terus diberi rejeki oleh Pemilik Semesta.

Baca Juga: 5 Lagu Glenn Fredly Dalam Kenangan Ini Bikin Mewek

Kembali ke fitrah sih. Tujuan saya nge-blog bukan semata-mata mengejar keuntungan. Saya nge-blog karena ingin berbagi cerita dengan kalian semua, bos-bos pembaca blog ini. Hehe. Kami yang jauh dari Ibu Kota Indonesia pun juga punya banyak cerita menarik. Begitu yang selalu saya tekankan pada diri sendiri. Blog ini juga saya jadikan semacam majalah pribadi. Dengan tema harian yang tentu sudah kalian tahu. Kelak, anak cucu bakal membaca blog ini dan tahu sejarah perjuangan bangsa dan pengalaman hidup saya hahaha. Dan kemudian ... saya mulai lebih memerhatikan akun dan/atau channel Youtube. Tidak banyak subscriber. Tidak banyak pula video. Video pun hanyalah video senang-senang. Dan saya kepikiran untuk membikin video-video tutorial blogging. Why not?

Dimulai dengan tema-tema harian, saya kemudian mulai merunutnya mulai dari mendaftar blog hingga mengenal dapur entri blog. Ini dia lima video diantaranya:


Video di atas merupakan tutorial cara mendaftarkan akun blog di platform Blogger untuk pertama kali. Menggunakan bantuan Camtasia sebagai screen recorder, saya suka sekali melihatnya.


Setelah mendaftar akun blog di platform Blogger untuk pertama kali, video lanjutannya adalah mengenal dashboard platform Blogger. Ini materi paling penting dalam sejarah dunia per-blogger-an. Karena dashboard merupakan dapur pacu utama blog kita bisa dilihat oleh orang-orang. Semuanya, bumbu-bumbu nge-blog, diracik di dashboard. Termasuk ... dapur entri blog.


Dapur entri blog, seperti namanya, tempat kita meracik suatu menu tulisan. Suatu tulisan bisa menjadi rapi dan/atau enak dibaca ya diatur/dibikin di dapur entri blog ini. 


Berkaitan dengan tulisan, setiap blogger pasti tahu yang namanya draf. Pada video di atas saya bercerita tentang bagaimana ngedraf tulisan bakal pos blog. Bisa menggunakan layanan Notepad apabila si blogger terkendala dengan internet, bisa juga langsung ngedraf di dashboard platform Blogger itu sendiri.


Blogging is fun and easy. Itu isi video di atas, yang merupakan materi blogging yang saya bawakan untuk peserta kelas blogging.

Baca Juga: 5 Kegiatan Yang Saya Lakukan Saat Di Rumah Saja

Seperti yang kalian lihat, viewer dari semua video tersebut di atas sangat sedikit. Seiprit. Tapi itu tidak menjadi alasan saya untuk berhenti memproduksi video blogging. Dari tiga tema video saya di Youtube, maka video tema BlogPacker masih lebih banyak penontonnya ketimbang video tema Blogging. Apakah saya bakal lebih  fokus pada salah satu tema saja? Tidak. Saya punya banyak renjana, dan insha Allah diberi kemampuan untuk melakukannya, jadi saya akan tetap mempertahankan tiga tema video di Youtube tersebut. Hehe.

Ya, ternyata bisa juga saya membikin video tutorial blogging. Dan semoga bermanfaat bagi banyak orang, termasuk mereka-mereka yang awalnya belum nge-blog.

#KamisLima



Cheers.
loading...

0 komentar:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.