I Write My All

LightBlog

  Resolusi Sederhana Tahun 2021: Reduce , Reuse , dan Recycle . Resolusi , kata yang paling sering ditemui saat pergantian tahun; sebelum ma...

Resolusi Sederhana Tahun 2021: Reduce, Reuse, dan Recycle

 


Resolusi Sederhana Tahun 2021: Reduce, Reuse, dan Recycle. Resolusi, kata yang paling sering ditemui saat pergantian tahun; sebelum maupun sesudah. Kata ini lebih sering ditulis atau disebut, melebihi jumlah rumah makan masakan Padang dan warung bakso di Kota Ende. Menurut KBBI, Resolusi adalah: resolusi/re·so·lu·si/ /rĂ©solusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu -- yang akan diajukan kepada pemerintah. Tapi itu defenisi resolusi menurut kamus. 


Baca Juga: Sebuah Catatan Akhir Tahun Untuk Saya, Kalian, Mereka


Didefenisikan secara lebih umum, resolusi merupakan suatu tindakan perubahan yang kita lakukan. Semua orang ingin mengubah apa pun dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Pada tulisan saya berjudul Sebuah Catatan Akhir Tahun Untuk Saya, Kalian, Mereka, silahkan klik link di atas, dengan gamblang saya menulis tentang 3R. Revolution, Responsibility, Reborn. Mengutip tulisan tersebut,


It's like make a resolution, do revolution, then. Dalam arti yang sesungguhnya, revolusi adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Di dalam revolusi, perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan. Dalam kehidupan saya sepanjang 2019, revolusi terjadi dengan satu cara saja yaitu tanpa kekerasan. Saya menyebutnya revolusi hidup. Saya pikir semua orang pasti punya revolusi hidup. 


Pertanyaan besarnya adalah sekeras apa kita berjuang untuk mewujudkan resolusi tersebut? Mungkinkah saya, kalian, mereka, hanya ikut-ikutan membikin daftar panjang tentang resolusi untuk kemudian melupakannya sepanjang tahun berjalan? Nanti, saat menjelang akhir tahun, kita baru akan kembali mengingat resolusi tersebut. Ah, ternyata semua resolusi saya tidak berjalan tahun ini. Ah, sepanjang tahun ini saya terlalu membuang waktu. Ah, ternyata resolusi untuk mengurangi makanan berlemak dan lebih rajin mengunjungi panti asuhan hanya coretan di atas kertas. I do. Haha. Maksud saya, resolusi seabrek bukan jaminan akan dilaksanakan. Tapi, resolusi tetaplah resolusi yang dibikin oleh hampir semua orang karena resolusi merupakan motivasi.


Tahun 2020 saya menulis resolusi 3R: Revolution, Responsibility, dan Reborn. Tahun 2021 resolusi saya masih 3R juga: Reduce, Reuse, Recycle. Resolusi yang sederhana.


Reduce


Reduce dikenal dalam dunia persampahan sebagai aksi mengurangi sampah. Secara umum, reduce berarti mengurangi. Apa yang harus saya kurangi? Seperti garis besar resolusi: mengurangi yang buruk, memperbanyak yang baik. Tentu dalam semua aspek kehidupan. Sebagai seorang alien manusia, sama seperti kalian, Kebiasaan hidup saya tidak pada ranah baik semata. Ada tidak baiknya juga. I mean, kebiasaan menunda pekerjaan bukanlah kebiasaan yang baik bukan? Oleh karena itu pada tahun 2021 saya harus mengurangi kebiasaan menunda pekerjaan. Kalian mungkin kaget membacanya. Iya, jujur saja, saya memang sering menunda pekerjaan gara-gara keseringan nge-game. Hahaha. Selain itu saya juga harus mengurangi kebiasaan: terlalu ngebut saat mengendarai sepeda motor, dan terlalu sering 'lapar malam'. Berat, memang, tapi harus berusaha. 


Reuse


Reuse dikenal dalam dunia persampahan sebagai aksi menggunakan kembali sesuatu barang untuk menekan jumlah sampah. Mantan juga di-reuse? Hahaha. Anyhoo, reuse dalam resolusi saya lebih bermakna pada sesuatu yang digunakan kembali dalam perspektif positif. Sesuatu itu tidak selamanya berbentuk barang, bisa juga peristiwa. Untuk barang, misalnya, saya akan lebih memilih memakai pakaian yang lama ketimbang membeli yang baru. Kalian tahu ... industri pakaian termasuk penyumbang sampah terbesar di dunia dan termasuk industri yang menyedot begitu banyak air bersih. Sedangkan untuk peristiwa, salah satunya tentu saya akan menggunakan kembali kalimat-kalimat nasihat baik yang sama untuk Indra, Thika, dan Melly. Kebaikan harus berulang.


Recycle


Recycle dikenal dalam dunia persampahan sebagai aksi mendaur ulang sesuatu yang dianggap sampah agar dapat dipakai kembali. Mantan mungkin bisa didaur-ulang. Hahaha. 



Tahun 2021 saya tidak berani menulis resolusi: rajin nge-blog. Saya hanya berani menulis: tetap nge-blog. Karena menulis merupakan remedy. Kuantiti-nya tergantung kondisi. Bagaimana dengan tema harian nge-blog? Saya akan berusaha untuk tetap bisa melakukannya meskipun seperti yang sudah saya bilang, pekerjaan semakin membludak ditambah usaha @tuteh Stik Keju hahaha. Insha Allah.


Baca Juga: 5 Buku Self Improvement yang Wajib Kalian Baca


Ya ya ya, resolusi sederhana saya di tahun 2021. Semoga terwujud. Pada hakekatnya semua orang yang hidup di muka bumi ini ingin selalu bisa melakukan yang terbaik baik bagi dirinya maupun bagi orang lain. Dan itu dilakukan setiap hari. Tidak dilihat dalam skala tahun (resolusi). Masa iya untuk berbuat baik kita menunggu atau tergantung resolusi? Berbuat baik atau melakukan sesuatu yang lebih baik merupakan kewajiban umat manusia.


Semoga!


Cheers.

loading...

0 komentar:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.